Snippet

Jenis-jenis hardware #2

Jenis-Jenis HARDWARE
part 2


     2.     Output Device
Output device adalah hardware komputer yang digunakan untuk menampilkan hasil dari process device agar bisa di nikmati oleh user/ pengguna, dalam kegiatan sehari-hari output device biasa di sebut dengan perangkat. Output yang di tampilkan antara lain suara, gambar, teks, dan bentuk yang hanya bisa di baca oleh mesin (machine readable form). Alat atau mesin output device juga bermacam-macam misalnya monitor, printer, speaker, plotter, dan lain-lain. Output yang di keluarkan dari output device juga di bagi menjadi 2 (dua) bentuk, yaitu soft copy dan hard copy.
Soft copy : Merupakan keluaran dari output device yang hanya bisa di baca oleh mesin dan bisa kita nikmati dengan menggunakan alat bantu untuk menampilkannya. Contoh : tampilan di monitor.
Hard copy :  Merupakan keluaran dari output device yang bisa langsung di nikmati, karena bentuknya yang berupa yang langsung bisa di sentuh. Contoh : hasil printing.


Macam-macam output device :


a.Monitor






Monitor merupakan unit keluaran yang memberikan informasi kepada pengguna komputer. Tipe-tipe monitor yang sudah dikenal adalah. 

 
(1) CGA (Color Graphic Adapter) Tipe monitor standar IBM yang mempunyai kualitas resolusi rendah. Monitor ini hanya mampu menampilkan 4 warna dalam mode grafis.  
(2) EGA (Enhanced Graphic Adapter) EGA merupakan tipe monitor yang tingkatannya di atas CGA. Monitor ini mampu menampilkan 16 warna dalam mode grafis.  
(3) EPGA (Enchanced Professional Graphic Adapter) Monitor ini mampu menampilkan 256 warna pada mode grafis. Monitor ini disebut juga sebagai monitor PEGA atau PGA  
(4) VGA (Visual Graphic Adapter) VGA merupakan tipe monitor yang sekarang banyak digunakan. Gambar yang dihasilkan mempunya warna sampai jutaan. Mode grafisnya tampak lebih nyata di mata.  
(5) LCD (Liquid Crystal Display) LCD dikenal sebagai monitor flat atau latar data dengan resolusi rendah, yang memiliki kemampuan menampilkan warna sampai jutaan. LCD menggunakan persenyawaan cair yang mempunyai struktur molekul polar dan diapit oleh dua elektode yang transparan  

b. Printer




Printer adalah sebuah peralatan dari komputer yang dapat mencetak teks atau gambar ke media kertas atau media lainnya seperti kertas transparansi. Perinter berdasarkan alat mekanik atau prose kerjanya yang digunakan, adalah.  

  •     Impact, printer secara bekerja dengan kertas dimana proses cetaknya dengan menggunakan jarum yang menghasilkan titik kotak (dot matrix).
  •    Non Impact, printer yang bekerja secara mekanik, yaitu penyemprotan; dan elektronik pada media cetaknya.
Berdasarkan pekembangan teknologinya :
  •      Pin Dot matrix
  •      Ink jet
  •      Laser
  •      Thermal
Pin dot matrix diklasifikasikan berdasarkan jumlah pin yang dimiliki oleh head printer, yaitu 9, 18 dan 24. Transmisi yang digunakan, yaitu transmisi paralel (byte-by-byte) dan transmisi serial (bit-by-bit transmission). Metode pencetakan terdiri dari huruf per huruf (characeter by character), baris per baris (line by line), atau halaman per halaman (page by page). Secara umum printer yang umum digunakan terdiri dari tiga jenis, yaitu.  
  •      Dot matrix, contohnya Epson LX-300, LX-800, LQ-1170
  •      Inkjet, contohnya Hp Deskjet, Cannon Buble jet
  •      Laser jet, contohnya HP Laser jet 1000, 1010, 1020
c. Plotter


Plotter digunakan untuk mencetak gambar ukuran yang cukup besar, seperti gambar mesin dan konstruksi bangunan.   


d. Speaker


Speaker akan memberikan informasi dalam bentuk suara. Apabila Anda mendengarkan lagu melalui komputer yang terhubung Internet dan terhubung pada saluran pemancar radion online, maka unit keluaran yang diperlukan adalah speaker


3. Processing



Processing hardware meliputi peralatan yang bertugas untuk menghitung, membandingkan dan melaksanakan instruksi-instruksi khusus.

Dalam CPU (Central Processing Unit) terdapat control unit, ALU (Arithmetic Logic Unit), dan system memory yang kadang-kadang disebut main memory. Control unit mengambil instruksi-instruksi dari system memory dan menterjemahkannya. ALU melaksanakan instruksi yang telah diterjemahkan. System memory digunakan untuk menyimpan instruksi data dan instruksi program. Untuk menghubungkan CPU dengan peralatan komputer lainnya digunakan data bus atau processor channel. Processor channel terdapat pada mother board, mempunyai expansion slots yang berfungsi untuk menghubungkan dengan peralatan tambahan seperti floppy disks, plotters, printers, mouse, modem, multimedia, dll.
Kapasitas komputer dapat diukur dari kecepatan pemrosesan dan kemampuan ALU untuk memanipulasi data dalam 1 cycle. Kecepatan pemrosesan dapat dinyatakan dalam cycle per second (biasanya dalam satuan MHz) atau dalam instruksi per second, biasanya dalam satuan millions of instructions per second (MIPS). Jumlah data yang dapat dimanipilasi oleh ALU dalam 1 cycle diukur dalam satuan bits (binary digits) dan biasa dipakai sebagai ukuran microprocessor, misalnya : microprocessor Zilog Z-80 merupakan procerssor 8 bit. Microprocessor sekarang yang lebih modern dapat memproses 16, 32, atau 64 bit data, dan bahkan ada yang mempunyai kemampuan lebar bit yang lebih besar.
Ada dua jenis dasar processor memory, yaitu ROM (read only memory) yang bersifat non-volatile dan RAM (random access memory) yang bersifat volatile (isi RAM akan hilang jika power off).
Processing hardware dapat dikelompokkan dalam tiga kategori, yaitu mainframe computer, minicomputer, dan microcomputer. Tetapi sekarang pengelompokan ini sudah agak kabur karena sering terjadi overlap di antara pengelompokan tersebut.
Ada dua macam Emerging Processor Architectures yaitu complex instruction set computers (CISCs) dan reduced instruction set computers (RISCs). CISCs merupakan jenis CPU konvensional yang mengandung rangkaian untuk mengeksekusi satu range yang lebar dari instruksi-instruksi komputer, sedangkan RISCs merupakan jenis CPU yang hanya menggunakan instruksi-instruksi yang sering digunakan sehingga dapat memproses instruksi 10 kali lebih cepat atau lebih daripada CISCs processor. Beberapa vendor besar seperti IBM, Compaq, Hewlett-Packard, dan Digital Equipment Corporation (DEC) sedang mengembangkan komputer yang bekerja menggunakan RISCs processor.

4. Storage Device
       Komponen perangkat keras (Hadware) berupa disket, Flashdisk, harddisk, CD/DVD disebut sebagai media penyimpanan (storage). Disebut media karena berfungsi sebagai tempat menyimpan data informasi dan program secara permanen agar dapat dikembalikan kembali oleh komputer setiap saat dibutuhkan. Kita bisa menyimpan data tersebut tanpa takut kehilangan akibat tidak adanya arus listrik.

Media penyimpanan bisa berfungsi ganda, yaitu sebagai peranti masukan (menyediakan data untuk diolah oleh processor) dan sekaligus sebagai piranti keluaran (menyimpan data/informasi yang sudah di olah).

Perangkat keras yang termasuk ini diantaranya :

a. Harddisk
Harddisk terbuat dari lempengan (piringan) yang dilapisi dengan material yang dapat di magneti pada kedua sisinya. Harddisk dapat menyimpan data dalam jumlah yang besar dan dapat dipanggil kembali pada waktu yang singkat .

b. Floppy disk
Floppy disk adalah piringan yang fleksibel yang terbuat dari mylar yang dilapisi dengan zat ferro oksida. Karena piringan ini bersifat sangat tipis dan dilapisi plastic, alat ini lebih di kenal dengan disket, Disket hanya mampu menyimpan data dengan ukuran terbatas.

c. Magneto-optical
Magneto-optical (MO) adalah gabungan dari drive magnetic dan optic, dimana data ditulis ke dalam media penyimpanan dengan bantuan sinar laser dan head magnetic. Perangkat ini tidak popular dalam masyarakat pengguna komputer .

d. Optical disk
Media penyimpanan optikal dengan menggunakan sinar laser untuk menulis dan mengambil data. Teknologi ini sama dengan yang digunakan pada teknologi audio VCD karena isinya bersifat permanen dan tidak dapat dirubah dan dihapus, yang dinamakan CD-ROM ( Compact Disc-Read Only Memory). Namun sesuai dengan perkembangan jaman, sekarang banyak pilihan keeping CD yang dapat ditulis dan dihapus untuk dipakai lagi yang disebut CD-R (Compact Disc-Recordable). dan CD-RW (Rompact Disc- Recordable Writeable).

* *DROM/DVD  merupakan media penyimpanan berbentuk piringan, CD-ROM mampu menyimpan data sampai 700 MB, sementara DVD mampu menyimpan data antara 4 GB hingga 9 GB.

e. Memory
Memory adalah mekanisme penyimpanan data yang digunakan oleh komputer atau ruang simpan sementara dalam chip komputer, memory terbagai atas main memory – Internal Memory (penyimpan memory utama) dan backing storage – Eksternal Memory (penyimpan cadangan). Dalam komputer semua data yang terdiri dari serangkaian angka, komputer dapat menyimpan angka-angka tersebut dalam memory untuk kemudian digunakan.


a. Internal Memory 
      Internal memory beroperasi pada kecepatan yang sangat tinggi dan dapat diakses secara langsung oleh CPU, internal memory terkandung di dalam chip komputer dan menggunakan IC untuk menyimpan data. internal memory dibagi yaitu ROM dan RAM. Selain itu ada pula memory yang disebut cache memory.
Cache memory merupakan memory yang memiliki kecepatan sangat tinggi, yang digunakan sebagai perantara antara RAM dan CPU. Komponen ini berfungsi sebagai pengingat, dalam hal ini yang disimpan memori dapat berupa data atau program, diantaranya:

ROM (Read Only Memory)
adalah merupakan jenis memori yang isinya tidak hilang walaupun arus listrik terputus dan pada awalnya isinya hanya bisa dibaca. ROM biasa disebut dengan BIOS (Basic Input/Output System). Intruksi dalam BIOS akan dijalankan oleh microprocessor ketika komputer mulai dihidupkan. 

RAM (Random Access Memory) adalah jenis memori yang isinya dapat berganti-ganti selama komputer dihidupkan dan mempunyai sifat mengingat data selama arus listrik tidak terputus. RAM berfungsi sebagai penyimpan dan mengambil data dengan cepat.

  •       Menyimpan data yang berasal dari piranti masukan sampai dikirim ke ALU atau CPU untuk diproses.
  •         Menyimpan data hasil dari pemrosesan ALU sebelum di kirim ke piranti keluaran.
  •        Menampung program/intruksi yang berasal dari piranti masukan atau dari piranti pengingat sekunder.

b.Eksternal Memory
 
Eksternal Memory juga disebut sebagai media penyimpanan ekternal, penggunaan memory ekternal pada dewasa ini sangat popular digunakan, yaitu yang disebut flashdisk atau flash drive yaitu memory yang dapat pasang dan dicabut dengan mudah.


Source :
http://yopie-effects.blogspot.com/2010/06/perangkat-keras-penyimpan-storage.html
http://rudihd.wordpress.com/2008/03/14/perangkat-keras-komputer-output-device/ 
http://diknas-seluma.org/component/content/article/7-umum/3-processing-hardware

Leave a Reply